RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMA
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas/Semester :
X/I
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami hakikat Biologi sebagai
ilmu
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan
biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan,
organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
C.
Indikator
1.
Mengidentifikasi objek biologi pada berbagai tingkat
organisasi kehidupan
2.
Mengidentifikasi masalah biologi pada berbagai tingkat
organisasi kehidupan.
3.
Mengusulkan alternatif pemecahan masalah biologi dengan
rencana penelitian sederhana yang dapat
dilakukan.
4.
Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda
ilmiah.
D.
Tujuan Pembelajaran
Siswa SMA kelas X semester I diharapkan mampu:
- Menentukan dengan benar objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan setelah melakukan diskusi kelompok
- Menentukan dengan benar permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan setelah melakukan diskusi kelompok
- Menghubukan dengan benar objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan setelah melakukan diskusi kelompok
4.
Mengusulkan alternative pemecahan masalah biologi dengan
rencana penelitian sederhana dengan
tepat setelah melakukan diskusi kelompok
5.
Melakukan pengamatan secara teliti objek dan permasalahan
biologi di sekitar lingkungan sekolah melalui kegiatan pratikum
6.
Memberikan contoh dengan benar pemecahan masalah biologi
dengan menggunakan metoda ilmiah setelah melakukan diskusi kelompok
A.
Materi Pembelajaran
1.
Objek Biologi Berbagai Tingkat organisasi Kehidupan
Kajian
biologi meliputi makhluk hidup dengan
segala permasalahannya, mulai dari individu (molekul, senyawa, sel, jaringan,
organ, sistem organ), populasi, komunitas, ekosistem sampai bioma yang
ditemukan pada lapisan bumi biosfer
2.
Permasalahan Biologi Pada Berbagai Tingkat organisasi
Kehidupan
Masalah
biologi dapat terjadi pada tingkat
molekul, senyawa, jaringan sampai bioma. Contoh pada tingkat organ seperti kanker kulit, patah tulang. Pada tingkat ekosistem, hampir
punahnya badak bercula satu, berubahnya sawah menjadi pemukiman dll.
3.
Metode Ilmiah
Dalam
mempelajari dan mengembangkan ilmu Biologi digunakan metoda ilmiah. Para ilmuwan dalam menyelesaikan masalah
harus mampu melakukan kerja ilmiah dan mampu bersikap ilmiah
B. Metode Pembelajaran :
- Ceramah
- Diskusi
- Presentasi
- Praktikum
- Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray)
C.
Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN PERTAMA
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
1.
Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru memberikan apersepsi
Mengapa kita harus
mempelajari biologi!
b.
Guru memberi motivasi
Guru meminta siswa untuk melihat keluar kelas, setelah
itu menyakan dengan pertanyaan berikut: Apa
saja yang kamu lihat, mana yang menjadi objek biologi!
2.
Kegiatan inti (70 menit)
a.
Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
b.
Siswa bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat)
orang
c.
Siswa diminta melakukan diskusi yang
membahas tentang
objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan, permasalahan biologi
pada berbagai tingkat organisasi kehidupan dan mengusulkan cara pemecahan
masalah biologi
d.
Setelah selesai mendeskusikan, dua orang dari masing-masing
menjadi tamu kedua kelompok yang lain
e.
Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan
hasil kerja dan informasi ke tamu mereka
f.
Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan
melaporkan temuan mereka dari kelompok lain
g.
Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka
h.
Guru meminta salah satu kelompok untuk menyampaikan hasil
pembahasan kelompoknya dan siswa lain menanggapi atau bertanya.
i.
Guru memberikan penjelasan atau meluruskan konsep yang salah
secara singkat
3.
Penutup (10 menit)
a.
Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
b.
Guru menutup pelajaran dan memberikan salam
PERTEMUAN KEDUA
1.
Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru memberikan apersepsi
Apa yang dimaksud dengan
objek biologi?
b.
Guru memberi motivasi
Guru meminta siswa untuk melihat gambar yang di
tujukan, setelah itu menanyakan dengan pertanyaan berikut: dari gambar tesebut
tujukan masing tingkat organisasi kehidupan!
2.
Kegiatan inti (70 menit)
a.
Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
b.
Siswa bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat)
orang
c.
Siswa diminta melakukan diskusi yang
membahas tentang
cara alternatif pemecahan masalah biologi dengan rencana penelitian sederhana yang dapat dilakukan
d.
Setelah selesai guru meminta salah satu kelompok untuk
menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya dan siswa lain menanggapi atau
bertanya.
e.
Guru memberikan penjelasan atau meluruskan konsep yang salah
secara singkat
f.
Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan pratikum
g.
Siswa secara berkelompok melakukan pengamatan disekitar lingkungan sekolah atau kebun sekolah untuk
menentukan populasi, jumlah induvidu, dan menentukan kingdom
h.
Setelah selesai siswa kembali ke dalam kelas untuk membuat
laporan singkat.
i.
Membuat laporan secara
kelompok! Lalu presentasikan hasil laporanmu di depan teman-teman sekelasmu
secara bergantian!
3.
Penutup (10 menit)
a.
Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
b.
Guru memberikan tugas rumah untuk membuat suatu
penelitian sederhana dengan menggunakan metode ilmiah secara berkelompok.
c.
Guru menutup pelajaran dan memberikan salam
H. Sumber
Belajar/Alat/Bahan
1.
Sumber Belajar:
·
Buku teks
Pratiwi, D.A, dkk. 2007. Biologi Untuk SMA Kelas X. Jakarta:
Erlangga
Aryulina, Diah.2007. Biologi
1 SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta:
Penerbit ESIS
2.
Alat
·
Laptop
·
LCD Proyektor
3. Bahan
·
LKS, Bahan presentasi
I. Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik
·
Tes tertulis
·
Tes Unjuk kerja
2.
Bentuk Instrumen
·
Uraian, Pilihan ganda,
·
Lembar observasi
3.
Contoh instrument terlampir
Malang , 29 Februari 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA
Guru Mata Pelajaran
...........................
..................................
NIP
NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar