S I L A B U
S
NAMA SEKOLAH :
SMA LABORATORIUM UM
MATA PELAJARAN :
biologi
KELAS/SEMESTER :
X/ SATU
STANDART
KOMPETENSI : 1.
KOMPETENSI DASAR : 1.1.
ALOKASI WAKTU : 2 X 45
Menit
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Keterangan Kegiatan
Pembelajran
|
||
TM
|
PT
|
KMTT
|
||||||
Ruang Lingkup
Biologi
· Biologi adalah bagian dari
sains. Biologi merupakan ilmu yang
mengkaji makhluk hidup dengan segala permasalahannya.
Biologi bagian dari sains yang memilikikarakteristik
yang sama dengan ilmu sains lainnya.
·
Biologi
memiliki cabang yang spesifik diantaranya: bioteknologi, zoologi, embriologi,
dll.
·
Ruang
lingkup biologi mencakup struktur yang paling sederhana sampai tingkat yang
paling kompleks.
|
Melakukan diskusi
tentang karakteristik ilmu biologidi antara ilmu sain lainnya
Menggali informasi dari berbagai
sumber informasi tentang manfaat mempelajari ilmu biologi terhadap dirinya
dan lingkungannya dalam kehidupan
Melakukan kegiatan diskusi kelompok untuk menyelesaikan LKS yang berisi
soal bidang kajian biologi
|
·
Menjelaskan pengertian ruang lingkup biologi
·
menyebutkan bidang-bidang kajian biologi
·
mengidentifikasi bidang ilmu yang termasuk kajian
ilmu biologi
·
menjelaskan karakteristik bidang kajian
biologi
·
Mengaitkan objek biologi dengan cabang ilmu
biologi yang mempelajari objek tersebut.
·
memberikan contoh mamfaat mempelajari biologi
|
Teknik:
· Tes
· Non-tes
Bentuk:
· Tes
Tes Pilihan Ganda
Tes Uraian
· Non-tes
Lembar pengamatan diskusi
Lembar penilaian presentasi
|
2x 45’
|
· Aryulina, Diah
dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: esis.
· Syamsuri,
Istamar. 2007. Biologi 1A untuk SMA Kelas X Semester . Jakarta: Erlangga
· Lingkungan.
· Alat
OHP/Laptop/ LCD dan
· Bahan
LKS,
bahan presentasi, tanaman bayam
· Media
Power point
|
√
|
√
|
|
Ketangan:
TM : tatap muka
PT : Penugasan Terstruktur
KMTT : Kegiatan
Mandiri Tidak terstruktur
Mengetahui, Malang, Agustus 201
KepalaSekolah, Guru bidang studi,
Drs. Ridwan Joharmawan, M.Si FerdinandusNawa
S I L A B U
S
NAMA SEKOLAH :
SMA LABORATORIUM UM
MATA PELAJARAN :
biologi
KELAS/SEMESTER :
X/ SATU
STANDART
KOMPETENSI : 1.
KOMPETENSI DASAR : 1.2.
ALOKASI WAKTU : 4 X 45
Menit
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Keterangan Kegiatan
Pembelajran
|
||
TM
|
PT
|
KMTT
|
||||||
Objek dan Permasalahan Biologi pada Berbagai Tingkat Organisasi Kehidupan.
·
Objek Biologi.
Kajian biologi
meliputi makhluk hidup dengan segalapermasalahannya, mulai dari
individu (molekul, senyawa, sel, jaringan, organ, sistem organ), populasi, komunitas,. ekosistem sampai bioma yang ditemukan pada lapisan
bumi biosfer.
·
Masalah biologi pada berbagai
tingkat organisasi kehidupan.
Masalah biologi dapat terjadi pada tingkat molekul, senyawa,
jaringan sampai bioma. Contoh pada tingkat
organ seperti kanker kulit,
patah tulang. Pada tingkat ekosistem, hampir punahnya badak bercula
satu, berubahnya sawah menjadi pemukiman dll.
·
Metoda ilmiah.
Dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu
Biologi digunakan metoda ilmiah. Para
ilmuwan dalam menyelesaikan masalah harus mampu melakukan kerja ilmiah dan
mampu bersikap ilmiah.
|
§ Menganalisis
apa saja yang menjadi objek biologi
menggunakan berbagai gambar /charta/video/CD yang sesuai mulai dari molekul
sampai bioma.
§ Menemukan
permasalahan biologi melalui pengamatan kondisi lingkungan sekolah, dan
mengusulkan alternatif pemecahan masalahnya melalui kerja kelompok.
§ Melakukan praktikum untuk menjelaskan kaitan
ilmu biologi dengan metode ilmiah , melalui pengamatan pengaruh deterjen terhadap ketahan tubuh ikan
.
§ Melakukan diskusi untuk membahas hasil
pratikum sesuai kerja ilmiah.
§ Memecahkan
masalah dan menyusun sistematika metoda ilmiah,
bekerja dan bersikap ilmiah
§ Melakukan
kegiatan diskusi kelompok untuk menyelesaikan LKS kegiatan 1.2. objek biologi dan cabang ilmu biologi
|
·
Mengidentifikasi
objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
·
Mengidentifikasi
masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
·
Memberikan
contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
·
menjelaskan keterkaitan biologi dengan metode
ilmiah
·
Mengusulkan
alternatif pemecahan masalah biologi dengan rencana penelitian sederhana yang dapat dilakukan.
|
Teknik:
· Tes
· Non-tes
Bentuk:
· Tes
Tes Pilihan Ganda
Menjodohkan.
Tes Uraian
· Non-tes
Lembar penilaian unjuk kerja
Lembar pengamatan diskusi
Lembar penilaian presentasi
Laporan hasil praktikum.
|
4 x 45’
|
· Aryulina, Diah
dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: esis.
· Syamsuri,
Istamar. 2007. Biologi 1A untuk SMA Kelas X Semester . Jakarta: Erlangga
· Lingkungan.
· Alat
OHP/Laptop/ LCD dan
· Bahan
LKS,
bahan presentasi, ikan, deterjen rinso dan sunglith.
· Media
Power point
|
√
|
√
|
|
Ketangan:
TM : tatap muka
PT : Penugasan Terstruktur
KMTT : Kegiatan
Mandiri Tidak terstruktur
Mengetahui, Malang, Agustus
2012
Kepala Sekolah, Guru bidang studi,
Drs. Ridwan Joharmawan, M.Si Ferdinandus
S I L A B U
S
NAMA SEKOLAH :
SMA LABORATORIUM UM
MATA PELAJARAN :
biologi
KELAS/SEMESTER :
X/ SATU
STANDART
KOMPETENSI : 1.
KOMPETENSI DASAR : 2.1.
ALOKASI WAKTU : 6 X 45 Menit
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Keterangan Kegiatan
Pembelajran
|
||
TM
|
PT
|
KMTT
|
||||||
Virus
·
Cirri
dan struktur tubuh virus.
Sifat virus:
Virus
bersifat aselular dan hanya dapat hidup didalam sel inang.
Virus
tidak dapat melangsungkan proses metabolisme atau reproduksi sendiri.
·
Cara
reproduksi pada virus yang dibagi atas
2 macam daur hidup virus, yaitu daur litik dan daur lisogenik.
·
Perananan
virus bagi makluk hidup.
Peranan virus yang
menguntungkan dan yang merugikan bagi makhul hidup.
|
· Siswa bekerja dalam kelompok untuk mendiskusikan ciri-ciri virus, struktur
virus dan replikasi pada virus.
· Siswa diminta untuk membuat model struktur virus
dari kertas karton.
· Siswa bekerja dalam kelompok untuk mendiskusikan
peranan virus bagi kehidupan, dan cara menghindari diri dari penyakit yang
disebabkan oleh virus
· Menggali informasi
dari berbagai sumber tentang cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti
influenza, AIDS, Flu
|
1.
Menjelaskan
sifat-sifat virus.
2.
Mengambar
bentuk-bentuk virus.
3.
Menyebutkan
contoh-contoh virus yang berbentuk bulat, batang, oval, polihidris dan
seperti huruf T.
4.
Menyebutkan
struktur tubuh virus.
5.
Menjelaskan
fungsi dari bagian-bagian tubuh virus berdasarkan strukturnya.
6.
Menyebutkan
ciri-ciri virus berdasarkan ukuran, bentuk, struktur dan fungsinya.
|
Teknik:
· Tes
· Non-tes
Bentuk:
· Tes
Tes Pilihan Ganda
Tes Uraian
· Non-tes
Lembar pengamatan diskusi
Lembar penilaian presentasi
|
6 x 45’
|
· Aryulina, Diah
dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: esis.
· Syamsuri,
Istamar. 2007. Biologi 1A untuk SMA Kelas X Semester . Jakarta: Erlangga
· Lingkungan.
· Alat
Mikroskop,
OHP/Laptop/ LCD dan
· Bahan
LKS,
bahan presentasi.
· Media
Power point
|
√
|
√
|
|
Ketangan:
TM : tatap muka
PT : Penugasan Terstruktur
KMTT : Kegiatan
Mandiri Tidak terstruktur
Mengetahui, Malang, Agustus
2012
Kepala Sekolah, Guru bidang studi
Drs.RidwanJoharmawanM.Si Ferdinandus Nawa
S I L A B U
S
NAMA SEKOLAH :
SMA LABORATORIUM UM
MATA PELAJARAN :
biologi
KELAS/SEMESTER :
X/ SATU
STANDART
KOMPETENSI : 1.
KOMPETENSI DASAR : 2.2.
ALOKASI WAKTU : 6 X 45 Menit
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Keterangan Kegiatan
Pembelajran
|
||
TM
|
PT
|
KMTT
|
||||||
Archaeobacteria dan
Eubaccteria
1.
Cirri-ciri
Archaeobacteria dan Eubacteria
·
Bentuk sel dan koloni Eubacteria
2.
Struktur sel Eubacteria dan arkebakteri
3.
Cara hidup bakteri
4.
Reproduksi bakteri
5.
Klasifikasi Eubacteria
6.
Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria
7.
Peranan bakteri bagi manusia
|
·
Mengkaji literatur tentang Ciri-ciri
Archaeobacteria dan Eubacteria melalui kerja kelompok
·
Melakukan pengamatan sel bakteri secara mikroskopis
· Melakukan diskusi
kelompok untuk mengerjakan LKS pada buku kerja tentang struktur dan fungsi
sel bakteri
· Mengelompokkan
Eubacteria
· Membuat tabel perbedaan
dan persamaan Eubakteria dan Archaebacteria
· Membuat produk olahan
bahan makanan dengan menggunakan jasa bakteri
· Mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber tentang peranan bakteri bagi kehidupan
|
1. Menyebutkan
ciri-ciri Archaeobacteria
2. Menguraikan
ciri-ciri Archaeobacteria
3. Menyebutkan
ciri-ciri Eubacteria
4. Menguraikan
ciri-ciri Eubacteria
5. Mengidentifikasi
jenis-jenis Archaeobacteria
6. Menjelaskan
Peranan
Archaeobacteria bagi kehidupan
7. Menguraikan
struktur dan fungsi Eubacteria
8. Mengidentifikasi jenis-jenis Eubacteria
9. Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteria
10. Membedakan
struktur Eubakteria dan Archaeobacteria
11. Memberikan
contoh Peranan Eubacteria bagi kehidupan.
|
Teknik:
· Tes
· Non-tes
Bentuk:
· Tes
Tes Pilihan Ganda
Tes Uraian
· Non-tes
Lembar penilaian unjuk kerja
Lembar pengamatan diskusi
Lembar penilaian presentasi
Laporan hasil praktikum.
|
6 x 45’
|
· Aryulina, Diah
dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: esis.
· Syamsuri,
Istamar. 2007. Biologi 1A untuk SMA Kelas X Semester . Jakarta: Erlangga
· Lingkungan.
· Alat
Mikroskop,
OHP/Laptop/ LCD dan
· Bahan
LKS,
bahan presentasi, kentang busuk atau nasi basi, atau kultur bakteri.
· Media
Power point
|
√
|
√
|
√
|
Ketangan:
TM : tatap muka
PT : Penugasan Terstruktur
KMTT : Kegiatan
Mandiri Tidak terstruktur
S I L A B U
S
NAMA SEKOLAH :
SMA LABORATORIUM UM
MATA PELAJARAN :
biologi
KELAS/SEMESTER :
X/ SATU
STANDART
KOMPETENSI : 1.
KOMPETENSI DASAR : 2.3.
ALOKASI WAKTU : 6 X 45 Menit
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Keterangan Kegiatan
Pembelajran
|
||
TM
|
PT
|
KMTT
|
||||||
PROTISTA
·
Ciri-ciri umum protista.
Protista
merupakan organisme eukariot uniselular yang hidup soliter atau
berkoloni
·
Ciri-ciri umum Protista mirip
jamur (jamur lendir/ Slime Mold)
selnya memiliki inti lebih dari satu , bersifat amuboid (Myxomicotina) atau
berflagel (Oomycotina), heterotrof,menghasilkan spora, parasit atau pengurai
·
Ciri-ciri umum Protista mirip
tumbuhan (Alga) . Alga merupakan organisme
uniselular kecuali Alga coklat dan merah, fotosintetik , ada yang mikroskopis dan
makroskopis, ,hidup di air tawar atau air laut, Pigmen lain yang dimiliki
alga selain klorofil adalah karotenoid
fikosantin,fikoeritrin,
·
Ciri-ciri umum Protista mirip
hewan (Protozoa) organisme uniselular , soliter atau berkoloni, mikroskopis,
heterotrof, hidup bebas atau parasit , alat gerak berupa pseudopodia,
siliaatau flagela
·
Peranan protista dalam
kehidupan.
Peran menguntungkan antara lain sebagai sumber
makanan yang bernilai gizi tinggi ,sebagai bahan obat-obatan dan kosmetika, pupuk.
Peran merugikan dari protista yaitu menjadi
penyebab penyakit (Trypanosoma, Plasmodium, Leishmania).
|
Melakukan pengamatan mikroskopis protista yang di ambil dari air kolam atau sawah
Melakukan identifikasi protista berdasarkan cirri-ciri
yang dapat di amati.
Menggali informasi dari berbagai buku literature tentang
protista mirip hewan, tumbuhan , mirip alga.
Menggali informasi dari
berbagai sumber literatur/media tentang peranan protista bagi kehidupan
Menyusun dan
mempresentasikan karya ilmiah tentang Protista yang menguntungkan dan yang
merugikan
|
•
Mendeskripsikan
ciri-ciri protista berdasarkan pengamatan
• Menunjukkan
ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista
• Mengidentifikasi
Protista berdasarkan ciri morfologinya
• Menjelaskan
cara perkembangbiakan protista
•
Membandingkan
Protista dengan makhluk hidup lainnya
• Memberikan
contoh peranan Protista bagi kehidupan
|
Teknik:
· Tes
· Non-tes
Bentuk:
· Tes
Tes Pilihan Ganda
Tes Uraian
· Non-tes
Lembar penilaian unjuk kerja
Lembar pengamatan diskusi
Lembar penilaian presentasi
Laporan hasil praktikum.
|
6 x 45’
|
· Aryulina, Diah
dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: esis.
· Syamsuri,
Istamar. 2007. Biologi 1A untuk SMA Kelas X Semester . Jakarta: Erlangga
· Lingkungan.
· Alat
Mikroskop,
OHP/Laptop/ LCD dan
· Bahan
LKS,
bahan presentasi, air kolam atau air sawah
· Media
Power point
|
√
|
√
|
√
|
Ketangan:
TM : tatap muka
PT : Penugasan Terstruktur
KMTT : Kegiatan
Mandiri Tidak terstruktur
Mengetahui, Malang, Agustus 2012
Kepala Sekolah, Guru bidang studi,
Drs. Ridwan Joharmawan, M.Si Ferdinandus Nawa
S I L A B U
S
NAMA SEKOLAH :
SMA LABORATORIUM UM
MATA PELAJARAN :
biologi
KELAS/SEMESTER :
X/ SATU
STANDART
KOMPETENSI : 1.
KOMPETENSI DASAR : 2.4.
ALOKASI WAKTU : 6 X 45 Menit
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
Keterangan Kegiatan
Pembelajran
|
||
TM
|
PT
|
KMTT
|
||||||
JAMUR (Fungi)
·
Ciri-ciri jamur
Jamur merupakan organism eukariota, tidak memiliki klorofil,
danberbentuk hifa
·
Klasifikasi
Jamur
Jamur
diklasifikasikan menjadi empat divisi berdasarkan karakteristik reproduksi
seksual dan tipe miselium, hifa, serta gamet. Yng terdiri dari divisio Zygomycotina, Ascomycotina, Basidiomycotina, Deuteromycotina
·
Reproduksi dan habitat jamur
Jamur berkembangbiak dengan tunas (budding) dan
spora(vegetatif dan generatif)
Jamur dapat hidup di berbagi substrat,baik di lingkungan darat,
perairan dll.
·
Peran
Jamur.
Jamur berperan dalam keseimbangan lingkungan
yaitu sebagai dekomposer,bersimbiosis dengan tanaman tertentu (mikoriza)
dalam suplai unsur hara.Jamur juga sangat penting dalam fermentasi makanan
dan obat-obatan.
|
· Melakukan
pengamatan morfologi mikroskopis dan makroskopis (khamir dan kapang)
· Mengamati dan menggambar hasil
pengamatan morfologi jamur
· Diskusi kelompok tentang
ciri-ciri, morfologi, dan proses reproduksi jamur serta cara hidup jamur
· Melakukan
kegiatan kerja
kelompok untuk menyelesaikan LKS yang berisi bagan cirri-ciri jamur , klasifikasi jamur,
klsifikasi Liken, dan klasifikasi mikoriza
· Menggali informasi tentang
mamfaat jamur bagi kehidupan manusia
· Melakukan kajian informasi tentang penyakit yang
disebabkan oleh jamur tertentu
|
· Menyebutkan contoh sederhana jamur yang sering
dijumpai.
· Menunjukkan bagian-bagian morfologi jamur
· Menggambar morfologi jamur hasil pengamatan
· Membandingkan morfologi jamur hasil pengamatan
dengan gambar literature
· Mendeskripsikan ciri-ciri jamur.
· Menjelaskan proses reproduksi seksual pada jamur
· Menjelaskan proses reproduksi aseksual pada jamur
· Menganalisis bagaimana jamur memperoleh makanan
· Mengemukakan tentang klasifikasi jamur
· Menafsirkan peran jamur dalam kehidupan
|
Teknik:
· Tes
· Non-tes
Bentuk:
· Tes
Tes Pilihan Ganda
Tes Uraian
· Non-tes
Lembar penilaian unjuk kerja
Lembar pengamatan diskusi
Lembar penilaian presentasi
Laporan hasil praktikum.
|
6 x 45’
|
· Aryulina, Diah
dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: esis.
· Syamsuri,
Istamar. 2007. Biologi 1A untuk SMA Kelas X Semester . Jakarta: Erlangga
· Lingkungan.
· Alat
Mikroskop,
OHP/Laptop/ LCD dan
· Bahan
LKS,
bahan presentasi, jamur oncom , tempe, lumut kerak.
· Media
Power point
|
√
|
√
|
√
|
Ketangan:
TM : tatap muka
PT : Penugasan Terstruktur
KMTT : Kegiatan
Mandiri Tidak terstruktur
Mengetahui, Malang, Agustus 2012
Kepala Sekolah, Guru bidang studi,
Drs. Ridwan Joharmawan, M.Si Ferdinandus Nawa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar