Rabu, 22 Agustus 2012

silabus SMA kelas X semester I

z

S I L A B U S
NAMA SEKOLAH               :  SMA LABORATORIUM UM
MATA PELAJARAN            :  biologi
KELAS/SEMESTER             :  X/  SATU
STANDART KOMPETENSI :  1.
KOMPETENSI DASAR       : 1.1.   
ALOKASI WAKTU              : 2   X  45 Menit

Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
Keterangan Kegiatan
Pembelajran
TM
PT
KMTT
Ruang Lingkup Biologi
·   Biologi adalah bagian dari sains. Biologi merupakan ilmu yang mengkaji makhluk hidup dengan segala permasalahannya. Biologi bagian dari sains yang memilikikarakteristik yang sama dengan ilmu sains lainnya.
·   Biologi memiliki cabang yang spesifik diantaranya: bioteknologi, zoologi, embriologi, dll.
·   Ruang lingkup biologi mencakup struktur yang paling sederhana sampai tingkat yang paling kompleks.
Melakukan  diskusi tentang karakteristik ilmu biologidi antara ilmu sain lainnya

Menggali informasi dari berbagai sumber informasi tentang manfaat mempelajari ilmu biologi terhadap dirinya dan lingkungannya dalam kehidupan

Melakukan kegiatan diskusi kelompok untuk menyelesaikan LKS yang berisi soal bidang kajian biologi











·    Menjelaskan pengertian ruang lingkup biologi
·    menyebutkan bidang-bidang kajian biologi
·    mengidentifikasi bidang ilmu yang termasuk kajian ilmu biologi
·    menjelaskan karakteristik bidang kajian biologi
·    Mengaitkan objek biologi dengan cabang ilmu biologi yang mempelajari objek tersebut.
·    memberikan contoh mamfaat mempelajari biologi

Teknik:
·       Tes
·       Non-tes
Bentuk:
·      Tes
*       Tes Pilihan Ganda
*       Tes Uraian
·      Non-tes
*        Lembar pengamatan diskusi
*        Lembar penilaian presentasi
2x 45’
·       Aryulina, Diah dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: esis.
·       Syamsuri, Istamar. 2007. Biologi 1A untuk SMA Kelas X Semester . Jakarta: Erlangga
·       Lingkungan.
·       Alat
 OHP/Laptop/ LCD dan
·       Bahan
LKS, bahan presentasi, tanaman bayam
·       Media
Power point


Ketangan:
TM : tatap muka
PT  : Penugasan Terstruktur
KMTT : Kegiatan Mandiri Tidak terstruktur


           
 Mengetahui,                                                                                     Malang,     Agustus  201
KepalaSekolah,                                                                                Guru bidang studi,


 Drs. Ridwan Joharmawan, M.Si                                                           FerdinandusNawa                                                                                                                               



















S I L A B U S
NAMA SEKOLAH               :  SMA LABORATORIUM UM
MATA PELAJARAN            :  biologi
KELAS/SEMESTER             :  X/  SATU
STANDART KOMPETENSI :  1.
KOMPETENSI DASAR       : 1.2.   
ALOKASI WAKTU              : 4  X  45 Menit

Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator 
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
Keterangan Kegiatan
Pembelajran
TM
PT
KMTT
Objek dan Permasalahan Biologi pada Berbagai Tingkat Organisasi Kehidupan.
·   Objek  Biologi.
Kajian biologi  meliputi makhluk hidup dengan segalapermasalahannya, mulai dari individu (molekul, senyawa, sel, jaringan, organ, sistem organ), populasi, komunitas,. ekosistem sampai bioma yang ditemukan pada lapisan bumi biosfer.
·   Masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
Masalah biologi dapat  terjadi pada tingkat molekul, senyawa, jaringan sampai bioma. Contoh pada tingkat  organ seperti kanker kulit,  patah tulang. Pada tingkat ekosistem, hampir punahnya badak bercula satu, berubahnya sawah menjadi pemukiman dll.
·   Metoda ilmiah.
Dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu Biologi digunakan metoda ilmiah.  Para ilmuwan dalam menyelesaikan masalah harus mampu melakukan kerja ilmiah dan mampu bersikap ilmiah.

§ Menganalisis apa  saja yang menjadi objek biologi menggunakan berbagai gambar /charta/video/CD yang sesuai  mulai dari molekul sampai bioma.

§ Menemukan permasalahan biologi melalui pengamatan kondisi lingkungan sekolah, dan mengusulkan alternatif pemecahan masalahnya melalui kerja kelompok.

§ Melakukan praktikum untuk menjelaskan  kaitan  ilmu biologi dengan metode ilmiah , melalui pengamatan  pengaruh deterjen terhadap ketahan tubuh ikan .

§ Melakukan diskusi untuk membahas hasil pratikum  sesuai kerja ilmiah.

§ Memecahkan masalah  dan menyusun sistematika metoda ilmiah, bekerja dan bersikap ilmiah

§ Melakukan kegiatan diskusi kelompok untuk menyelesaikan LKS  kegiatan 1.2. objek biologi dan cabang ilmu biologi
·    Mengidentifikasi objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.

·    Mengidentifikasi masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.

·   Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.

·    menjelaskan keterkaitan biologi dengan metode ilmiah

·    Mengusulkan alternatif pemecahan masalah biologi dengan rencana  penelitian sederhana yang dapat dilakukan.
Teknik:
·       Tes
·       Non-tes
Bentuk:
·      Tes
*       Tes Pilihan Ganda
*       Menjodohkan.
*       Tes Uraian
·      Non-tes
*        Lembar penilaian unjuk kerja
*        Lembar pengamatan diskusi
*        Lembar penilaian presentasi
Laporan hasil praktikum.
4 x 45’
·       Aryulina, Diah dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: esis.
·       Syamsuri, Istamar. 2007. Biologi 1A untuk SMA Kelas X Semester . Jakarta: Erlangga
·       Lingkungan.
·       Alat
 OHP/Laptop/ LCD dan
·       Bahan
LKS, bahan presentasi, ikan, deterjen rinso dan sunglith.
·       Media
Power point
















Ketangan:
TM : tatap muka
PT  : Penugasan Terstruktur
KMTT : Kegiatan Mandiri Tidak terstruktur

 Mengetahui,                                                                             Malang,     Agustus  2012
Kepala Sekolah,                                                                       Guru bidang studi,

     Drs. Ridwan Joharmawan, M.Si                                           Ferdinandus                                                                                                                               


S I L A B U S
NAMA SEKOLAH               :  SMA LABORATORIUM UM
MATA PELAJARAN            :  biologi
KELAS/SEMESTER             :  X/  SATU
STANDART KOMPETENSI :  1.
KOMPETENSI DASAR       : 2.1.   
ALOKASI WAKTU              : 6   X  45 Menit

Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator 
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
Keterangan Kegiatan
Pembelajran
TM
PT
KMTT
Virus
·   Cirri dan struktur  tubuh virus.
Sifat virus:
Virus bersifat aselular dan hanya dapat hidup didalam sel inang.
Virus tidak dapat melangsungkan proses metabolisme atau reproduksi sendiri.

·   Cara reproduksi pada virus  yang dibagi atas 2 macam daur hidup virus, yaitu daur litik dan daur lisogenik.

·   Perananan virus bagi makluk hidup.
Peranan virus yang menguntungkan dan yang merugikan bagi makhul hidup.

·   Siswa bekerja dalam kelompok untuk mendiskusikan ciri-ciri virus, struktur virus dan replikasi pada virus.

·   Siswa diminta untuk membuat model struktur virus dari kertas karton.

·   Siswa bekerja dalam kelompok untuk mendiskusikan peranan virus bagi kehidupan, dan cara menghindari diri dari penyakit yang disebabkan oleh virus

·   Menggali informasi dari berbagai sumber tentang cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti influenza, AIDS, Flu










1.      Menjelaskan sifat-sifat virus.
2.      Mengambar bentuk-bentuk virus.
3.      Menyebutkan contoh-contoh virus yang berbentuk bulat, batang, oval, polihidris dan seperti huruf T.
4.      Menyebutkan struktur tubuh virus.
5.      Menjelaskan fungsi dari bagian-bagian tubuh virus berdasarkan strukturnya.

6.      Menyebutkan ciri-ciri virus berdasarkan ukuran, bentuk, struktur dan fungsinya.




Teknik:
·       Tes
·       Non-tes
Bentuk:
·      Tes
*       Tes Pilihan Ganda
*       Tes Uraian
·      Non-tes
*        Lembar pengamatan diskusi
*        Lembar penilaian presentasi
6 x 45’
·       Aryulina, Diah dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: esis.
·       Syamsuri, Istamar. 2007. Biologi 1A untuk SMA Kelas X Semester . Jakarta: Erlangga
·       Lingkungan.
·       Alat
Mikroskop, OHP/Laptop/ LCD dan
·       Bahan
LKS, bahan presentasi.
·       Media
Power point


Ketangan:
TM : tatap muka
PT  : Penugasan Terstruktur
KMTT : Kegiatan Mandiri Tidak terstruktur

Mengetahui,                                                                               Malang,     Agustus   2012 
Kepala Sekolah,                                                                         Guru bidang studi



Drs.RidwanJoharmawanM.Si                                                            Ferdinandus Nawa                                                                                                                            


                                                                        










S I L A B U S
NAMA SEKOLAH               :  SMA LABORATORIUM UM
MATA PELAJARAN            :  biologi
KELAS/SEMESTER             :  X/  SATU
STANDART KOMPETENSI :  1.
KOMPETENSI DASAR       : 2.2.   
ALOKASI WAKTU              : 6  X  45 Menit

Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator 
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
Keterangan Kegiatan
Pembelajran
TM
PT
KMTT
Archaeobacteria dan Eubaccteria

1.      Cirri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria
·   Bentuk sel dan koloni Eubacteria
2.      Struktur sel Eubacteria dan arkebakteri

3.      Cara hidup bakteri

4.      Reproduksi bakteri

5.      Klasifikasi Eubacteria

6.      Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria

7.      Peranan bakteri bagi manusia

·   Mengkaji literatur tentang  Ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria melalui kerja kelompok

·   Melakukan pengamatan sel bakteri secara mikroskopis
·   Melakukan diskusi kelompok untuk mengerjakan LKS pada buku kerja tentang struktur dan fungsi sel bakteri

·   Mengelompokkan Eubacteria

·   Membuat tabel perbedaan dan persamaan Eubakteria dan Archaebacteria

·   Membuat produk olahan bahan makanan dengan menggunakan jasa bakteri

·   Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang peranan bakteri  bagi kehidupan











1.    Menyebutkan ciri-ciri  Archaeobacteria
2.    Menguraikan  ciri-ciri  Archaeobacteria
3.    Menyebutkan ciri-ciri  Eubacteria
4.    Menguraikan  ciri-ciri  Eubacteria
5.    Mengidentifikasi jenis-jenis Archaeobacteria
6.    Menjelaskan Peranan Archaeobacteria bagi kehidupan
7.    Menguraikan  struktur dan fungsi Eubacteria
8.    Mengidentifikasi  jenis-jenis  Eubacteria
9.    Menggambarkan  berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteria
10.  Membedakan struktur Eubakteria dan Archaeobacteria
11.  Memberikan contoh Peranan Eubacteria bagi kehidupan.




Teknik:
·       Tes
·       Non-tes
Bentuk:
·      Tes
*       Tes Pilihan Ganda
*       Tes Uraian
·      Non-tes
*        Lembar penilaian unjuk kerja
*        Lembar pengamatan diskusi
*        Lembar penilaian presentasi
Laporan hasil praktikum.
6 x 45’
·       Aryulina, Diah dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: esis.
·       Syamsuri, Istamar. 2007. Biologi 1A untuk SMA Kelas X Semester . Jakarta: Erlangga
·       Lingkungan.
·       Alat
Mikroskop, OHP/Laptop/ LCD dan
·       Bahan
LKS, bahan presentasi, kentang busuk atau nasi basi, atau kultur bakteri.
·       Media
Power point

Ketangan:
TM : tatap muka
PT  : Penugasan Terstruktur
KMTT : Kegiatan Mandiri Tidak terstruktur

         

S I L A B U S

NAMA SEKOLAH               :  SMA LABORATORIUM UM
MATA PELAJARAN            :  biologi
KELAS/SEMESTER             :  X/  SATU
STANDART KOMPETENSI :  1.
KOMPETENSI DASAR       : 2.3.   
ALOKASI WAKTU              : 6   X  45 Menit

Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator 
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
Keterangan Kegiatan
Pembelajran
TM
PT
KMTT
PROTISTA
·   Ciri-ciri umum protista.
Protista  merupakan organisme eukariot uniselular yang hidup soliter atau berkoloni

·   Ciri-ciri umum Protista mirip jamur (jamur lendir/ Slime Mold) selnya memiliki inti lebih dari satu , bersifat amuboid (Myxomicotina) atau berflagel (Oomycotina), heterotrof,menghasilkan spora, parasit atau pengurai

·   Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga) . Alga merupakan organisme  uniselular kecuali Alga coklat dan merah,  fotosintetik , ada yang mikroskopis dan makroskopis, ,hidup di air tawar atau air laut, Pigmen lain yang dimiliki alga selain  klorofil adalah karotenoid fikosantin,fikoeritrin,

·   Ciri-ciri umum Protista mirip hewan (Protozoa) organisme uniselular , soliter atau berkoloni, mikroskopis, heterotrof, hidup bebas atau parasit , alat gerak berupa pseudopodia, siliaatau flagela

·   Peranan protista dalam kehidupan.
Peran menguntungkan antara lain sebagai sumber makanan yang bernilai gizi tinggi ,sebagai bahan obat-obatan dan kosmetika, pupuk.
Peran merugikan dari protista yaitu menjadi penyebab penyakit (Trypanosoma, Plasmodium, Leishmania).
Melakukan pengamatan mikroskopis protista  yang di ambil dari air kolam atau sawah

Melakukan identifikasi protista berdasarkan cirri-ciri yang dapat di amati.

Menggali informasi dari berbagai buku literature tentang protista mirip hewan, tumbuhan , mirip alga.

Menggali informasi dari berbagai sumber literatur/media tentang peranan protista bagi kehidupan

Menyusun dan mempresentasikan karya ilmiah tentang Protista yang menguntungkan dan yang merugikan









      Mendeskripsikan ciri-ciri protista berdasarkan pengamatan

      Menunjukkan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista

      Mengidentifikasi Protista berdasarkan ciri morfologinya

      Menjelaskan cara perkembangbiakan protista

      Membandingkan Protista dengan makhluk hidup lainnya

      Memberikan contoh peranan Protista bagi kehidupan




Teknik:
·       Tes
·       Non-tes
Bentuk:
·      Tes
*       Tes Pilihan Ganda
*       Tes Uraian
·      Non-tes
*        Lembar penilaian unjuk kerja
*        Lembar pengamatan diskusi
*        Lembar penilaian presentasi
Laporan hasil praktikum.
6  x 45’
·       Aryulina, Diah dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: esis.
·       Syamsuri, Istamar. 2007. Biologi 1A untuk SMA Kelas X Semester . Jakarta: Erlangga
·       Lingkungan.
·       Alat
Mikroskop, OHP/Laptop/ LCD dan
·       Bahan
LKS, bahan presentasi, air kolam atau air sawah
·       Media
Power point

Ketangan:
TM : tatap muka
PT  : Penugasan Terstruktur
KMTT : Kegiatan Mandiri Tidak terstruktur
  
Mengetahui,                                                                                                                                                                Malang,     Agustus 2012
Kepala Sekolah,                                                                                                 Guru bidang studi,

          


           Drs. Ridwan Joharmawan, M.Si                                                            Ferdinandus Nawa   




















S I L A B U S
NAMA SEKOLAH               :  SMA LABORATORIUM UM
MATA PELAJARAN            :  biologi
KELAS/SEMESTER             :  X/  SATU
STANDART KOMPETENSI :  1.
KOMPETENSI DASAR       : 2.4.   
ALOKASI WAKTU              : 6   X  45 Menit

Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator 
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
Keterangan Kegiatan
Pembelajran
TM
PT
KMTT
JAMUR (Fungi)
·   Ciri-ciri jamur
Jamur merupakan organism eukariota, tidak memiliki klorofil, danberbentuk hifa

·   Klasifikasi Jamur
Jamur diklasifikasikan menjadi empat divisi berdasarkan karakteristik reproduksi seksual dan tipe miselium, hifa, serta gamet. Yng terdiri dari divisio Zygomycotina, Ascomycotina, Basidiomycotina, Deuteromycotina

·   Reproduksi  dan habitat jamur
Jamur berkembangbiak dengan tunas (budding) dan spora(vegetatif dan generatif)
Jamur dapat hidup di berbagi substrat,baik di lingkungan darat, perairan dll.

·   Peran Jamur.
Jamur berperan dalam keseimbangan lingkungan yaitu sebagai dekomposer,bersimbiosis dengan tanaman tertentu (mikoriza) dalam suplai unsur hara.Jamur juga sangat penting dalam fermentasi makanan dan obat-obatan.
·   Melakukan pengamatan morfologi mikroskopis dan makroskopis (khamir dan kapang)

·   Mengamati dan menggambar hasil pengamatan morfologi jamur

·   Diskusi kelompok tentang ciri-ciri, morfologi, dan proses reproduksi jamur serta cara hidup jamur

·   Melakukan kegiatan kerja kelompok untuk menyelesaikan LKS yang berisi bagan cirri-ciri jamur , klasifikasi jamur, klsifikasi Liken, dan klasifikasi mikoriza

·   Menggali informasi tentang mamfaat jamur bagi kehidupan manusia

·   Melakukan kajian informasi tentang penyakit yang disebabkan oleh jamur tertentu












·   Menyebutkan contoh sederhana jamur yang sering dijumpai.

·   Menunjukkan bagian-bagian morfologi jamur

·   Menggambar morfologi jamur hasil pengamatan

·   Membandingkan morfologi jamur hasil pengamatan dengan gambar literature

·   Mendeskripsikan ciri-ciri jamur.

·   Menjelaskan proses reproduksi seksual pada jamur
·   Menjelaskan proses reproduksi aseksual pada jamur

·   Menganalisis bagaimana jamur memperoleh makanan

·   Mengemukakan tentang klasifikasi jamur

·   Menafsirkan peran jamur dalam kehidupan




Teknik:
·       Tes
·       Non-tes
Bentuk:
·      Tes
*       Tes Pilihan Ganda
*       Tes Uraian
·      Non-tes
*        Lembar penilaian unjuk kerja
*        Lembar pengamatan diskusi
*        Lembar penilaian presentasi
Laporan hasil praktikum.
6 x 45’
·       Aryulina, Diah dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: esis.
·       Syamsuri, Istamar. 2007. Biologi 1A untuk SMA Kelas X Semester . Jakarta: Erlangga
·       Lingkungan.
·       Alat
Mikroskop, OHP/Laptop/ LCD dan
·       Bahan
LKS, bahan presentasi, jamur oncom , tempe, lumut kerak.
·       Media
Power point

Ketangan:
TM : tatap muka
PT  : Penugasan Terstruktur
KMTT : Kegiatan Mandiri Tidak terstruktur

 Mengetahui,                                                                                                                                                                Malang,     Agustus 2012
Kepala Sekolah,                                                                                                 Guru bidang studi,

          


  Drs. Ridwan Joharmawan, M.Si                                                                          Ferdinandus Nawa   





          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar